Belajar Bahasa Mandarin Online Gratis (FREE)

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Banyaknya penduduk negara Cina yang tersebar di seluruh dunia membuat bahasa ini penting dipelajari. Terutama bagi mereka yang memiliki relasi, baik personal atau bisnis, dengan orang-orang dari negeri Tirai Bambu tersebut.

Berbeda dengan bahasa Inggris, bahasa Mandarin memiliki huruf yang berbeda. Inilah yang menjadi salah satu alasan sulitnya mempelajari bahasa Mandarin. Kini kamu bisa bernapas lega. Pasalnya beragam aplikasi belajar bahasa Mandarin untuk smartphone menawarkan cara belajar yang seru dan asyik. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan lagi menghapal huruf Mandarin.

Berikut daftar aplikasi belajar bahasa Mandarin yang bisa kamu coba:

1. Hello Chinese

Hello Chinese merupakan aplikasi belajar bahasa Mandarin yang menggunakan konsep Duolingo. Aplikasi ini menyediakan beragam materi yang disusun secara khusus yang memudahkan kamu belajar.

Melalui aplikasi ini kamu akan mempelajari pengucapan, kata, dan huruf Mandarin satu persatu. Semuanya dikemas dengan menarik dan menyenangkan. Kamu bisa mencoba berlatih menulis huruf Mandarin juga melalui Hello Chinese. Kamu akan dipandu langkah demi langkahnya, sehingga kamu tinggal mengikutinya saja.

Asyiknya, Hello Chinese dapat digunakan secara offline maupun online. Khusus untuk offline, kamu harus mengunduh materi yang ada terlebih dahulu. Baru setelah itu kamu bisa menggunakan Hello Chinese dalam modus offline.

Versi online akan mengunduh sebagian materi, sesuai dengan kemajuan pembelajaran kamu. Artinya, kamu bisa mengulangi pembelajaran yang telah kamu lakukan meski tanpa koneksi internet. Sayangnya, kamu tidak bisa log in menggunakan akun Google. Kamu diharuskan membuat akun baru menggunakan alamat e-mail.

2. Chinese Skill

Chinese Skill bisa menjadi aplikasi alternatif belajar bahasa Mandarin yang asyik. Serupa dengan Hello Chinese, aplikasi ini juga mengambil konsep Duolingo, yaitu penggunanya akan learn by doing.

Materi yang disediakan kurang lebih sama dengan Hello Chinese. Hanya saja aplikasi ini menawarkan fitur Invite Friend. Fitur ini berguna untuk memacu semangat kamu belajar bahasa Mandarin, karena memperlihatkan kemajuan belajar kamu dan teman-teman.

Kelebihan lainnya kamu bisa log in menggunakan akun media sosial atau Google. Dengan begitu kamu bisa menyimpan kemajuan belajar bahasa Mandarin mereka. Selain itu, tampilan Chinese Skill juga terlihat lebih menarik berkat beragam animasi yang dihadirkan.

Sama halnya dengan Hello Chinese, aplikasi ini juga menawarkan fitur offline. Untuk menggunakannya kamu diharuskan mengunduh sejumlah materi yang ada. Menarik, bukan?

3. Learn Chinese Mandarin Phrases

Melalui Learn Chinese Mandarin Phrases, kamu bisa mengetahui beragam ujaran dan kalimat sehari-hari dalam bahasa Mandarin. Beragam ujaran umum tersebut terdiri dari sapaan, percakapan sehari-hari, angka, transportasi, dan lain sebagainya. Untuk memudahkan kamu, semua ujaran dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Setiap kalimat dilengkapi dengan huruf Mandarin, pinyin (pengucapan bahasa Mandarin), serta rekaman suara. Kamu cukup tap kata yang diinginkan, lalu kamu akan mendengar pengucapannya dalam bahasa Mandarin.

Sayangnya, kamu harus membeli versi pro untuk mengakses semua materi Learn Chinese Mandarin Phrases. Versi gratis hanya menyediakan tujuh macam kategori, yaitu Greetings, General Conversation, Numbers, Direction & Places, Transportation, dan Eating Out. Kamu akan mendapatkan 13 kategori sisanya dengan melakukan peningkatan ke versi pro dengan harga Rp58 ribuan.

4. Chinese Fun Easy Learn

Chinese Fun Easy Learn memudahkan kamu untuk menambah kosa kata bahasa Mandarin. Ada ribuan kosa kata yang dapat dipelajari, mulai dari binatang, manusia, pekerjaan, alam, keluarga, kesehatan, dan lain sebagainya. Setiap kata didukung dengan ilustrasi yang menarik untuk memudahkan kamu menghapalnya.

Aplikasi ini menawarkan tiga level yang terdiri atas Beginner, Intermediate, dan Advanced. Setiap levelnya memiliki jumlah kosa kata yang berbeda. Seperti misalnya kosa kata level Beginner yang berjumlah seribu, atau Advanced sebanyak enam ribu kata.

Aplikasi ini cocok digunakan oleh siapa saja, terutama mereka yang ingin belajar bahasa Mandarin dengan mudah dan menyenangkan.

5. Monki Chinese Class (For Kids)

Aplikasi ini dikhususkan bagi anak-anak yang ingin belajar huruf Mandarin. Tampilannya yang atraktif dan kaya akan animasi membuat anak-anak tidak akan bosan memainkannya. Apalagi mereka akan dipandu menulis huruf Mandarin secara step by step.

Setelah selesai, huruf tersebut akan menjelma menjadi objek yang dimaksudkan. Misalnya huruf “da” yang berarti api akan berubah menjadi animasi api setelah selesai. Pengguna bisa memainkan animasi tersebut dengan cara tap pada gambar.

Fitur suara melengkapi semua hal itu. Begitu kamu tap gambar api, suara kobaran api akan terdengar. Sayangnya versi gratis Monki Chinese Class hanya menyediakan setengah huruf Mandarin untuk dicoba. Untuk membuka semuanya, kamu diharuskan membeli versi pro aplikasi ini seharga Rp 42 ribuan.

Mau Jago Mandarin? Klik jagomandarin.com