Cara Mudah Mengingat Kosakata Bahasa Mandarin yang Baru Dipelajari Pemula

Bahasa adalah keterkaitan antara budaya dan kebiasaan. Karena itu cara cepat untuk belajar bahasa adalah berada di lingkungan yang menggunakan bahasa tersebut sehingga lama kelamaan akan mampu menirukan bahasa yang terus menerus disampaikan.

Lantas untuk belajar bahasa Mandarin, apakah kita harus berada di lingkungan Mandarin dan bagaimana jika di lingkungan sekitar kita tidak menemukan lingkungan Mandarin?

Cara Mudah Mengingat Kosakata Bahasa Mandarin yang Baru Dipelajari Pemula

Cara Mudah Mengingat Kosakata Bahasa Mandarin yang Baru Dipelajari Pemula

Tenang saja, bagi Anda yang belajar Mandarin dengan guru Mandarin dan pelajaran ini adalah pengalaman pertama Anda bermandarin, maka ada beberapa cara mudah mengingat kosakata bahasa Mandarin yang Anda perlu ketahui. Berikut ulasannya untuk Anda!

Cara Mudah Mengingat Kosakata Bahasa Mandarin

Gunakan kosakata bahasa Mandarin sesering mungkin dengan latihan

Walaupun Anda tidak berada di lingkungan berbahasa Mandarin, namun Anda bisa mengikuti tips berikut untuk melatih kosakata bahasa Mandarin Anda :

  • Bergaullah dengan teman yang berbahasa Mandarin dan ajak mereka berkomunikasi dengan bahasa Mandarin

  • Tonton YouTube, serial televisi atau film yang berbahasa Mandarin

  • Dengarkan lagu berbahasa Mandarin.

  • Latih pengucapan Mandarin Anda lewat lagu yang Anda dengar. Anda juga bisa menirukan lagu yang Anda sudah putar tersebut. Coba hafalkan liriknya dan cari tahu artinya.

Dengan begitu Anda akan lebih mudah menguasai kosakata bahasa Mandarin tanpa butuh waktu lama.

Selain cara belajar diatas, cara yang juga efektif dilakukan adalah berinteraksi langsung dengan orang Tionghoa yang berbahasa Mandarin.

(Baca Juga: Kriteria Guru Mandarin Jakarta yang Baik)

Ya, ketika sedang berwisata atau backpackeran di Tiongkok atau Taiwan, Anda akan dituntut untuk selalu menggunakan bahasa Mandarin. Hal tersebut karena mayoritas warga Tiongkok dan Taiwan tidak dapat berbahasa Inggris namun mereka fasih berbahasa Mandarin sebagai bahasa ibunya.

Pun jika mereka mampu berbahasa Inggris, kemampuan bahasa Inggris mereka cenderung rendah karena itu disana kebiasaan Anda akan berbahasa Mandarin dan hal tersebut mau tidak mau melatih kecakapan Anda berbahasa Mandarin.

Kuasai kata dasar Mandarin dan hubungkan mind mapping atau pemetaan pikiran

Salah satu cara belajar Mandarin yang cepat adalah dengan membuat pemetaan pikiran atau yang disebut dengan istilah mind mapping.

Pemetaan pikiran bisa dibantu flashcard dan metode ini merupakan metode belajar dengan diagram untuk menggambarkan kata, ide, tugas atau poin penting yang saling terkait dan terhubung ke poin inti sebagai inti ide yang terdapat di bagian tengah.

Metode ini tentu sangat berguna untuk belajar kosakata dalam berbahasa Mandarin. Anda akan menjadi lebih paham dan mengerti bentuk kata didalam sebuah kalimat.

Jangan pernah berhenti untuk belajar dari sumber apapun

Orang yang tidak akan pernah berkembang adalah orang yang mudah puas dengan apa yang dicapai hari ini. Jadi, agar Anda tidak menjadi orang yang sulit berkembang, jangan pernah puas.

Baca Juga: Memastikan Tempat Les Bahasa Inggris Terbaik

Jangan Anda pernah berpikir untuk berhenti belajar. Belajarlah seumur hidup. Pun begitu dengan belajar bahasa Mandarin. Jika Anda sudah tamat belajar di  tempat kursus, Anda bisa mengoptimalkan kemampuan berbahasa Mandarin dengan belajar melalui media online seperti via YouTube, lagu, sosial media chatting dan sebagainya. Dengan begitu bahasa Anda akan lebih berkembang dan terus menerus berkembang karena terasah.

Itulah cara mudah mengingat kosakata bahasa Mandarin yang baru dipelajari oleh pemula. Baiknya, Anda harus berusaha untuk mengasah terus kemampuan bahasa Mandarin Anda dan selamat belajar Mandarin.

Les mandarin online yang praktis dan efektif ada di JagoMandarin.com.