Kemampuan Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula dalam Belajar Bahasa Mandarin

Selain bahasa Inggris, Bahasa Mandarin termasuk salah satu jenis bahasa yang jumlah pemakainya di dunia sangatlah besar. Karena itu banyak orang yang kemudian tertarik untuk mulai belajar Mandarin.

Terlebih seiring sejalan dengan kemajuan Tiongkok dalam bidang ekonomi hingga dijuluki sebagai Macan Asia, menjadikan bahasa Mandarin semakin populer dan bahkan jumlah orang yang mengikuti les bahasa Mandarin semakin besar.

Kemampuan Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula dalam Belajar Bahasa Mandarin

Kemampuan Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula dalam Belajar Bahasa Mandarin

Jika Anda juga ingin belajar Mandarin, khususnya jika Anda merupakan pemula yang belajar Mandarin dari 0, maka Anda harus punya kemampuan dasarnya dulu untuk dikuasai. Lantas, apa saja kemampuan dasar bahasa Mandarin yang perlu dikuasai? Berikut informasinya yang Anda harus tahu!

Kemampuan Dasar dalam Belajar Bahasa Mandarin bagi Pemula

Kemampuan untuk mendengar

Yang dimaksud dengan kemampuan mendengar disini adalah kemampuan mengenali perbedaan bunyi kata dalam bahasa Mandarin.

Anda bisa tonton siaran berita di televisi yang berbahasa Mandarin, mendengarkan lagu berbahasa Mandarin, menonton film atau YouTube yang menyajikan serial dan translate bahasa Mandarin.

(Baca Juga: Aplikasi Gratis yang Bisa Didownload Untuk Bantu Belajar Bahasa Taiwan)

Intinya adalah Anda harus bisa mengalirkan kosa kata bahasa Mandarin sebanyak mungkin dengan cara yang menarik ke otak Anda agar pembelajaran semakin mudah.

Kemampuan dalam membaca

Dalam bahasa Mandarin, tak ada abjad dari A – Z seperti bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Bagian terkecil dari kalimat dalam bahasa Mandarin bukan huruf melainkan kata. Jadi dalam belajar Mandarin, Anda harus mampu mengenal kata bukan huruf.

Bagi pemula yang baru memulai belajar, Anda bisa pelajari pinyin lebih dulu. Baru kemudian pelajari Hanzi. Pinyin merupakan cara baca Hanzi. Jika Anda sudah menguasai pinyin tentu membaca hanzi akan lebih mudah.

Kemampuan dalam berbicara

Yang dimaksud kemampuan bicara ini bukan kemampuan bicara Anda secara alami. Melainkan kemampuan dalam meniru bahasa Mandarin yang sudah Anda dengar. Setelah Anda punya kemampuan mendengar yang baik, baru Anda bisa mulai meniru.

Jadi setelah mendengar, tiru suara yang Anda dengar. Kemudian nyanyikan lirik lagu yang Anda dengar. Jika Anda menonton film atau drama, tirulah apa yang mereka katakan. Hal tersebut tentu akan jauh lebih mudah dalam mempelajari bahasa.

Baca Juga: Kursus Mandarin BLCI Jakarta

Miliki kemampuan dalam menulis Mandarin

Jika Anda sudah mengenal dan sudah menguasai pinyin, ini waktu bagi Anda untuk mulai belajar mengenal dan menguasai Hanzi. Hanzi adalah huruf han dalam bahasa Mandarin. Han adalah suku mayoritas di Tiongkok yang jumlahnya sekitar 92% dari total penduduk Tiongkok. Karena itu bahasa suku ini diangkat sebagai bahasa nasional Tiongkok.

Dalam menulis huruf han atau hanzi Anda tak bisa melakukannya sembarangan. Ada aturan dalam penulisannya. Aturannya ada dua. Aturan tersebut yaitu bihua dan bishun. Apa itu bihua dan bishun dalam penulisan huruf hanzi atau han?

Jadi, bihua dan bishun artinya bahwa Anda harus kuasai aturan tersebut karena jika Anda menguasai teknik dasar tersebut dalam berbahasa Mandarin, maka Anda bisa mulai menggandakan tulisan hanzi apa saja walau Anda masih belum pernah melihat huruf itu sebelumnya.

Jadi bisa dibilang bahwa inilah tingkat kemahiran tingkat atas seseorang dalam Mandarin Languages. Atau bahkan walau Anda belum tahu pelafalan atau artinya Anda tetap bisa memahaminya.

Selain keempat kemampuan tersebut, kemampuan yang juga perlu Anda miliki adalah kemampuan menerjemahkan. Untuk memiliki kemampuan tersebut, konsepnya Anda harus miliki empat kemampuan yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Selamat belajar Mandarin.

Les mandarin yang terarah dan efisien tersedia di JagoMandarin.com.