Kursus Bahasa Inggris: Bagaimana Sejarah Bahasa Inggris dan Mandarin di Dunia

Kursus Bahasa Inggris sampai saat ini masih menjadi Bahasa yang paling banyak diminati di Indonesia. Tapi tahukah anda bahwa selain Bahasa Inggris, ada Bahasa lain yang populer dan digunakan oleh kurang lebih sebanyak 1 miliar jiwa?. Ya, Bahasa Mandarin menjadi Bahasa yang paling banyak digunakan di dunia meskipun masih kalah pouler dibandingkan Bahasa Inggris.

Tapi, mengapa Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin menjadi Bahasa dunia?. Bagaimana kisah dan perjalanan kedua Bahasa terbesar itu hingga menjadi 2 bahasa internasional yang paling banyak dan diakui oleh dunia.

Bagaimana Sejarah Bahasa Inggris dan Mandarin di Dunia

Bagaimana Sejarah Bahasa Inggris dan Mandarin di Dunia

Tidak dapat dipungkiri, ketika kita mendengar seseorang yang sedang berbicara Bahasa asing muncul perasaan yang takjub dan juga kagum. Bahasa bukan hanya sekedar hiasan aksesoris yang dipakai untuk emnunjukan keahlian penguasaan Bahasa. Lebih dari itu, mampu berbicara Bahasa asing merupakan jembatan terbaik untuk membuka komunikasi dengan dunia.

(Baca Juga: Kursus Inggris: Perlukah Anda belajar bahasa Inggris (lagi)?)

Jembatan komunikasi tersebut akan menjadi alat penghubung antar individu yang memiliki karakter bahasanya sendiri. Mampu menguasai Bahasa internasional menjadi solusi untuk membuka cakrawala yang baru.

Sejarah Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional Pertama

Dilansir dari Wikipedia, Bahasa Inggris ialah Bahasa Jermanik yang kali pertama diucaokan di Inggris pada era abad pertengahan awal. Dan hingga saat ini, menjadi Bahasa yang terbilang umum digunakan oleh warga dunia. Seperti yang diketahui juga bahwa Bahasa Inggris dituturkan sebagai salah satu Bahasa pertama oleh kebanyakan warga di berbagai dunia. Termasuk di dalamnya yaitu Irlandia, Britania Raya, Kanada, Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia dan beberapa negara yang berada di Karibia.

Sejarah Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional Pertama

Sejarah Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional Pertama

Bahasa Inggris juga menjadi Bahasa yang resmi untuk hampir sebanyak 60 Negara Berdaulat di dunia. Fakta lainnya adalah Bahas Inggris menjadi Bahasa ibu ketiga yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia setelah Bahasa Mandarin dan juga bahasa spanyol. Disamping itu, Bahasa Inggris juga digunakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, Bahasa Kedua dan Bahasa Resmi Negara Persemakmuran, Uni Eropa, dan beragam Organisasi Dunia lainnya.

(Baca Juga: Cara Cermat Memilih English Course Jakarta Sebagai Pilihan Kursus Terbaik Anda)

Berdasarkan ulasan sejarahnya, Bahasa Inggris berasal dari sebuah dialek Jermanik Laut Utara yang kemudian dibawa ke Britania oleh para Pemukim Jermanik yang berasal dari berbahai wilayah yang pada saat kini dikenal dengan sebutan Belanda, Denmark, dan Jerman Utara. Pada Menjelang Periode ini, para penduduk Britania Romawi melakukan komunikasi dengan cara menggunakan Bahasa Kelitik, Brittonik, dan juga Bahasa ROmawi alinnya yang telah dipengaruhi oleh Bahasa latin. Pengaruh bahawa latin ini setelah peristiwa pendudukan Bangsa Romawi yang telah berlangsung selama kurang lebih 400 tahun.

Penggunaan Bahasa Inggris yang Modern termasuk di dalamnua karya-karya dari William Shakespeare pada umumnya dimulai pada semenjak tahun 1550. Bahasa Inggris Modern juga dimulai semenjak Britnaia Raya menjadi suatu kekuatan utama colonial. Sehingga Bahasa Inggris juga berfungsi sebagai Lingua Franca pada negara-negara jajahan Kolonial Imperium Britania. Selain dari Kolonial, penggunaan Bahasa Inggris juga disebabkan oleh munculnya beberapa negara baru yang mempunyai ragam Bahasa pribumi. Sehingga negara baru tersebut lebih memilih Bahasa Inggris sebagai Bahasa Ibu untuk menghindari munculnya konflik horizontal antar masyarakat kesukuan.

Selain Inggris, Bahasa Mandarin Menjadi Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia

Bahasa Mandarin adalah Bahasa dengan dialek Tionghoa yang juga dituturkan pada sepanjang utara dan juga barat daya Republik Rakyat Tiongkok. Kata mandarin di dalam Bahasa Indonesia adalah adopsi dari Bahasa Inggris yang berarti Bahasa Tionghoa dan juga sebagai sebagai Bahasa Mandarin. Dari sumber yang lain menyebutkan bahwa Mandarin secara harafiah bersumber dari pengucapan orang asing kepada para pembesar Dinasti Qing. Untuk diketahui, dinasti Qing merupakan dinasti yang dilahirkan oleh Suku Manchu.

Selain Inggris, Bahasa Mandarin Menjadi Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia

Selain Inggris, Bahasa Mandarin Menjadi Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia

Sehingga para pembesar – pembesar kekaisaran juga biasanya disebut sebagai Mandaren yang memiliki arti sebagai “Pembesar Manchu”. Dari sinilah Bahasa yang dipakai oleh para petinggi Manchu pada waktu itu juga dapat disebut sebagai Bahasa Mandaren. Dikemudian hari penulisan mandarin mengalami evolusi dan berubah menjadi Bahasa Mandarin.

(Baca Juga: Les Bahasa Inggris: Perlukah Belajar English ?)

Bahasa mandarin memiliki nama lain yakni Guoyu dan Huayu. Guoyu adalah sebuah sebutan lain untuk dialek utara Bahasa Han yang juga kita kenal sebagai Bahasa mandarin. Dilihat secara harafiah, Guoyu berarti Bahasa Nasional. Kenyataannya pun sama, Bahasa Mandarin menjadi Bahasa resmi pemerintahan dan juga Bahasa Nasional di sejumlah Negara seperti Republik Tiongkok di Taiwan dan juga Republik Rakyat Tiongkok.

Sementara itu, Huayu adalah penyebutan nama lain dari dialek utara Bahasa han yang juga dikenal sebagai Bahasa Mandarin yang sekarang ini. Secara harafiah, Huayu berarti Bahasa Hua dan merupakan Bahasa yang umum digunakan oleh orang-orang tiongkok. Huayu ini menunjuk kepada Bahsa Mandari yang secara luas dituturkan oleh orang Tiongkok.

Penyebaran Bahasa Inggris dan Mandarin

Seperti yang diketahui dan diulas diatas, bahwa penyebaran Bahasa Inggris dimulai pada saat masa kolonial dan pascakolonial. Pada masa colonial Britania, tentunya hal ini menjadi sumber utama penyebaran Bahasa Inggris di negara-negara bekas jajahan Inggris. Sementara itu, munculnya negara – negara baru yang memiliki beragam Bahasa pribumi atau Bahasa daerah lebih memilih untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Nasionalnya. Hal ini disebabkan untuk menghindari adanya kecemburuan sosial dan konflik yang mungkin terjadi jika salah sartu Bahasa pribumi digunakan. Maka akan memicu kecemburuan dengan suku lainnya.

(Baca Juga: Belajar Bahasa Inggris VS Bahasa Mandarin)

Selain itu, akibat tingginya pertumbuhan Imperium Britania, menjadikan Bahasa Inggris digunakan secara luas di wilayah bekas jajahan Inggris di India, Afrika Sealtan, Singapura, Australia, Amerika Utara, dan juga di berbagai wilayah lainnya. Meluasnya Bahasa Inggris juga secara tidak langsung dibantu oleh Amerika Serikat yang muncul sebagai Negara Adidaya pada era pertengahan abad ke-20.

Sementara itu, penyebaran Bahasa Mandarin di dunia tidak lepas dari banyak tersebarnya warga negara keturunan yang berasal dari Tiongkok maupun negara Asia tenggara lainnya yang menyebar ke seluruh dunia. Bahasa Mandarin juga disebut sebagai Bahasa yang paling banyak digunakan oleh warga dunia. Ada sebanyak kurang lebih 1 miliar jiwa penduduk bumi menggunakan Bahasa Mandarin sebagai Bahasa Ibu.

Baca Juga: Kursus Bahasa Mandarin Online di Bali Denpasar (hanya 30 menit per hari)

Banyaknya pengguna dan sebaran warga keturunan di selurh dunia, menjadikan tingkat kepopuleran Bahasa Mandarin semakin melambung tinggi. Meskipun, masih kalah jauh popular dibandingkan dengan Bahasa Inggris. Akan tetapi, Mandarin menjadi Bahasa nomor 1 terbanyak digunakan di dunia, kemudian disusul oleh Bahasa Spanyol dan Inggris.

Bahasa Mandarin juga menjadi salah satu Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Berbagai tingkat Pendidikan seperti sejumlah Play Ground, sekolah dasar hingga perguruan tinggi memiliki kurikulum khusus Bahasa Mandarin. Sebagai Bahasa yang paling banyak digunakan dan besarnya pengaruh ekonomi china di pasar dunia, menjadikan Bahasa Mandarin layak untuk dipelajari dan dikuasai bagi mereka yang ingin membuka jendela cakrawala yang baru.

Anda juga bisa memulai kursus Bahasa mandarin di JagoMandarin.com untuk mendapatkan kursus Bahasa terbaik di Indonesia.